Bagikan Juga!!

Cara Memutihkan Kulit Tubuh Yang Kering Secara Alami


kulit putih dan bersih alami dengan bahan tradisional
Cara Memutihkan Kulit Secara Alami
Cara Memutihkan Kulit Secara Alami - Untuk mendapatkan kulit tubuh secara alami yang halus dan juga tidak kering bukan mimpi lagi. Dengan beberapa cara memutihkan kulit tubuh yang kering berikut ini, anda bisa mendapatkan kulit yang sehat dan juga halus. Kulit yang kering memiliki beberapa faktor penyebabnya.
Seperti misalnya adalah karena faktor iklim atau cuaca, mandi terlalu sering dengan air yang terlalu panas, sabun mandi yang kasar, terlalu lama terkena sinar matahari tanpa perlindungan, dan masih banyak lagi. Kulit yang kering bisa kita hilangkan dengan cara yang alami.

Cara Memutihkan Kulit Tubuh

Cara memutihkan kulit tubuh yang kering  secara alami yang pertama adalah konsumsi minum air putih yang banyak. Tubuh membutuhkan setidaknya 8 liter air per harinya. Kulit yang kering disebabkan juga karena kekurangan air dalam tubuh. Air putih juga bisa menetralisir racun dalam tubuh dan juga kotoran yang menjadi penyebab kulit menjadi kering dan kusam.

Penyebab kulit menjadi kering lainnya adalah karena kurang bersih dalam merawat tubuh sehingga masih banyak kotoran yang menempel. Lakukan secara rutin membersihkan tubuh. Gunakan sabun herbal karena sabun yang mengandung bahan kimia bisa membuat kulit cepat kering.

Jeruk nipis juga memiliki khasiat untuk menghilangkan sel kulit mati sehingga kulit dapat menjadi lebih halus. Kulit nipis juga biasa digunakan pada kosmetik-kosmetik untuk perawatan tubuh.

Anda bisa mengusapkan jeruk nipis di bagian yang kering. Jangan lupa juga setelah mandi gunakan lotion atau pelembab yang memiliki fungsi menjaga kelembaban kulit tubuh kita. Cari pelembab yang mengandung bahan alami untuk perawatan kulit kering. Gunakan setelah mandi atau saat akan tidur.

Biasakan untuk mandi 2 kali sehari agar tubuh lepas dari kotoran. Gosokkan badan dengan handuk secara lembut. Gosokan yang keras hanya akan membuat kulit menjadi iritasi yang menyebabkan kulit menjadi kering.

Ketika sedang beraktifitas di luar ruangan di siang hari, pastikan untuk menggunakan lotion dengan SPF yang cukup agar terhindar dari efek negative cahaya matahari yang bisa membuat kulit menjadi kering. Cara merawat kulit tubuh yang terakhir adalah tidur yang cukup setidaknya 6 sampai 8 jam sehari.


kulit putih bersih secara alami
kulit putih alami
Bagi wanita,kulit yang putih bersih , kesehatan dan keindahan kulit wajah dan tubuh sama pentingnya dengankeindahan rambut. Walaupun tentu bukan hanya wanita, setiap orang perlu menjaga kesehatan kulitnya.  Namun tak cukup hanya memoles kulit dari luar, dan merawatnya belaka, kesehatan kulit perlu dijaga dari dalam tubuh juga. . Termasuk membangun kesehatan emosi. Kulit mencerminkan jiwa raga seseorang dari waktu ke waktu.

Banyak kebiasaan positif yang kita lakukan yang akan berdampak pada kesehatn kulit kita. Demikian pula bila sebaliknya terjadi, kebiasaan negatif juga akan memperburuk tampilan kulit, selain kesehatan kulit seutuhnya. Tidak menggaruk dengan keras, memilih handuk yang lembut, dan secara berkala membasuh kulit dengan sabun, merupakan bagian dari upaya menyehatkan kulit.


Memberi makan kulit

Kulit bukan barang mati, maka perlu mendapatkan makan setiap saat. Tak hanya sekadar makan, ia juga butuh kecukupan oksigen. Makanan dan oksigen yang dibawa oleh aliran darah di bawah kulit itulah sumber kehidupan bagi kulit. Maka hanya bila menu harian lengkap  akan zat gizi yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh kita, maka kesehatan kulit pun akan ikut terjaga.

Kulit, seperti sel tubuh lainnya, membutuhkan vitamin, selain mineral. Khususnya untuk kesehatan kulit perlu lebih banyak asupan vitamin A, vitamin E, selain vitamin C, serta sejumlah mineral.
Perawatan kulit dari dalam bertujuan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit kita. Namun akan percuma kita melengkapi menu harian saja kalau aliran darah tak lancar sampai memasuki permukaan kulit.

Supaya aliran darah di bawah kulit bisa lancar, aliran darah harus deras. Aliran darah akan deras mengalir sampai ke permukaan kulit kalau jantung kuat memompa. Jantung akan lebih keras memompakan darahnya bila kita banyak bergerak. Karena itulah gerak tubuh juga diperlukan.

Wajah yang pasi pada kebanyakan orang sekarang lantaran gaya hidup kurang bergerak (sedentary life style). Maka senantiasalah mengajak badan untuk terus bergerak supaya sehat sekujur kulit kita.

Untuk melengkapi semua zat gizi bagi kulit, tentu lebih banyak asupan buah dan sayur mayur, selain tentunya cukup asupan air putih. Zat biotin, chlorophyl, selain beberapa asam amino dalam menu harian diperlukan untuk membugarkan kulit. Kita memperolehnya dari sumber makanan yang masih segar. Makin segar (fresh) buah dan sayur yang kita konsumsi, makin bagus untuk kesehatan kulit kita.

Perawatan kulit dari luar


Perawatan kulit dari luar bertujuan membebaskan kulit dari debu selain kotoran, termasuk untuk menghindari melekatnya kuman dan jamur yang terdapat di udara bebas. Selain menjaga kebersihan, kulit juga perlu dijaga agar tetap lembab, serta tidak membiarkan minyak berlebihan. Kulit yang kering perlu ditambahkan pelembab, dan yang terlalu lembab perlu dikeringkan.

Untuk perawatan kulit lainnya, tentu pemilihan kosmetik yang sesuaidengan jenis kulit kita juga penting. Tidak semua merk kosmetik cocok. Kosmetik dari negara beriklim empat belum tentu cocok untuk kulit beriklim tropis, dan sebaliknya. Begitu juga halnya kosmetik medicated (cosmedic) atau kosmetik untuk pengobatan, tidak pula boleh sembarang memilih.

Perlu kebiasaan lebih berhati-hati memilih kosmetik perawatan dan kosmetik pengobatan karena sekarang tidak sedikit kosmetik di pasar bebas yang menyalahi kaidah medik. Bukan saja mencampurkan bahan kimia berbahaya dan tidak diperkenankan, dosisnya pun belum tentu sesuai dengan aturan medik. Vitamin A asam retinoin, misalnya, yang bisa bikin kulit melepuh seperti kepiting rebus, karena dosisnya melebihi aturan. Padahal tujuannya hanya untuk mengelupas lapisan tipis kulit jangat (peeling). Karena itu konsultasi dengan dokter kulit tetap perlu dilakukan dengan bijak dan cermat.

Melakukan facial secara rutin bisa menjadi kebiasaan agar terawat kulit wajah kita. Tetapi lagi-lagi perlu dilakukan dengan bijak, jangan memilih sembarang tempat dan obat. Demikian pula mandi dengan sabun yang sesuai untuk  menyehatkan kulit sekujur tubuh. Termasuk merawat kulit kepala wajib memilih shampo yang sesuai dengan kondisi kulit kepala, tak tepat kalau memakai sabun mandi.

Yuk mulai kebiasaan baik merawat kulit secara alami baik dari luar maupun dari dalam. Bukan hanya Anda, tetapi seluruh anggota keluarga.

Video Cara Memutihkan Kulit Secara Alami








Artikel Menarik : Makanan Untuk Diet-Hidup Sehat






 
Top