Bagikan Juga!!


Cara Menyusun Opini Yang Perlu Diperhatikan Untuk Seorang INFOPRENEUR Sukses
A. Sekilas Tentang Opini

Salah satu jenis informasi yang tersaji disuatu koran atau majalah disebut opini. Jenis informasi ini berisi pandangan ,pendapat,penilaian, telaah, perspektif, dan tanggapan subjek mengenai kejadian , kondisi , perkembangan tentang peristiwa, tertentu yang sedang hangat dibahas oleh masyarakat. Singkat kata , opini adalah pemikiran pendapat dan ide seseorang tentang berbagai tema dan peristiwa .

Seorang INFOPRENEUR yang kaya wawasan dapat menjadi penulis opini untuk menawarkan ide , gagasan,alternatif solusi  dan pendapat tentang berbagai persoalan yang sedang hangat dan berpengaruh luas kepada pembaca.

Secara umum, opini berisi pendapat pribadi untuk mengkritisi situasi atau kondisi yang aktual dimasyarakat atau dalam lingkup yang lebih luas . Pendapat atau penilaian penulis menjadi bagian penting untuk disajikan.Namun, pendapat itu disajikan secara logis, tertata , sistematis,dan tidak secara emotional

Opini memiliki karakter tersendiri . Opini tidak berisi laporan kejadian , pendapat para tokoh atau pakar , liputan peristiwa atau cerita. Opini juga tidak memiliki struktur tertentu, seperti berita, feature , artikel populer atau artikel ilmiah .Umumnya, opini langsung mengungkap fenomena atau masalah yang sedang aktual dan pandangan penulis terhadap persoalan yang sedang berkembang tersebut.


B. Penyusunan Opini

Setiap orang pada dasarnya dapat mengungkap pendapat terhadap persoalan yang sedang terjadi didalam masyarakat. Namun, sering kali pendapat itu hanya diungkapkan didalam komunitas yang terbatas , seperti keluarga , rekan sekerja atau perusahaan.Akibatnya pendapat atau pandangan yang bagus yang dimiliki seseorang hanya berakhir sebagai bahan obrolan yang berlalu begitu saja.

Setiap orang yang berjiwa INFOPRENEUR tidak akan membiarkan pendapatnya berlalu begitu saja. Oleh karena itu, ia dapat menuangkan pendapat dan pandangannya dalam bentuk opini dan dikirim kemedia cetak maupun online, agar dapat dibaca atau dipahami oleh masyarakat luas.

Penyusunan opini tidak dibatasi oleh usia , tingkat pendidikan dan faktor demografi lainnya. Artinya, setiap orang dapat ikut mengungkapkan pendapat dan berbagi solusi . Misalnya, seorang mahasiswa dapat mengungkapkan pendapat, pemikiran dan solusi alternatif terhadap persoalan korupsi yang menghantui negara.


C. Cara Menyusun Opini


Penulis perlu mencari dan membatasi pada satu persoalan aktual yang sedang mengemuka pada satu karangan opini. Setelah itu, ia akan menuangkan tanggapan atau pendapatnya berdasarkan pola atau logika berpikir yang sistematis.

Tentu saja, agar tulisan memiliki nilai yang tinggi , maka penulis harus dapat mengetengahkan tanggapan atau pendapat yang logis dan memiliki dasar yang jelas. Diharapkan penulis dapat mengungkapkan alternatif solusi yang kreatif dan mengupas dari sudut pandang yang berbeda dengan penulis penulis lain untuk topik yang sama.

Penulis tidak menggunakan gaya sastra dalam mengupas persoalan, namun dengan lugas menyorot persoalan dan menuangkan pendapatnya . Penulis tidak merangkai kata yang bertele tele, sehingga opininya sulit dipahami oleh pe.



Artikel Menarik : Panduan Mengarang Feature ( INFOPRENEUR )






 
Top