Bagikan Juga!!



Karakter Berita Yang Perlu Di Perhatikan Untuk Seorang INFOPRENEUR


Karakter Berita Yang Perlu Di Perhatikan Untuk Seorang INFOPRENEUR
Tidak semua fakta peristiwa, pendapat , investigasi dan reportasi layak dimuat dalam surat kabar , tabloid , majalah , web atau media lainnya . Pertama , ruang tulisan yang tersedia sangat terbatas , selain itu tidak semua berita dapat di kategorikan baik dan layak dimuat .

Karakter berita yang dapat dimuat adalah sebagai berikut :

  • Penting , artinya berita memang perlu disebarluaskan karena hal itu menyangkut kepentingan orang banyak , organisasi , lembaga , pemerintahan , dan berdampak pada kehidupan pembaca  
  • Pengaruh yang luas , artinya berita yang tersaji memberi pengaruh terhadap opini , pandangan , sikap, bahkan tindaka dari para pembaca baik dalam suatu kota , propinsi , negara , bahkan dunia , misalnya pemilihan walikota , program kerja calon presiden , peluncuran produk produk alternatif yang lebih murah , bencana alami dan lain sebagainya .
  • Aktual , artinya kejadian baru saja atau masih sedang berlangsung , dimana pengaruh dan akibat kejadian itu masih terasa , diperbincangkan atau masih masih terkait dengan kejadian kejadian selanjutnya, misalkan letusan gunung berapi , dampak letusan berupa banjir lahar dingin di musim penghujanan, dan lain sebagainya.
  • Dekat , dimana kejadian berada dekat dengan pembaca baik secara geografis , misalnya warga yogyakarta dekat dengan kejadian letusan merapi , maupun emosional , misalnya penyiksaan tenaga kerja indonesia di negara tetangga . 
  • Tenar , dimana berita yang di tulis menyajikan hal hal yang dikenal khalayak pembaca , misalnya kejadian pencairan es di kutub utara dan selatan.
  • Benar benar terjadi , artinya harus berdasarkan kejadian yang benar benar terjadi, bukan ilusi, mimpi,atau angan angan atau rekaan dari penulis.
  • Apa adanya , artinya penulis tidak diperkenankan untuk mengurangi ,menambah,mengubah atau mendramatisasi peristiwa yang terjadi,sehingga persepsi pembaca terhadap peristiwa yang terjadi akan berbeda bahkan salah.misalnya ketika kejadian letusan merapi pemerintah mengumumkan jarak aman penduduk di KM 20,tetapi sempat suatu media memuat bahkan jarak aman di KM 30, sehingga hal itu menciptakan kepanikan warga yang luar biasa.
  • Lengkap, dimana semua unsur berita tersaji secara lengkap, sehingga pembaca dapat mengetahui secara rinci tentang apa,siapa,dimana,kapan,mengapa, dan bagaimana hal itu terjadi.
  • Tersusun dengan baik,artinya berita tersusun secara sistematis dan sederhana baik alur maupun rangkaian kalimatnya, sehingga informasi itu mudah untuk dipahami pembaca.
  • Menarik, artinya judulnya memikat kejadian aneh,unik atau luarbiasa ( bukan sesuatu yang rutin terjadi atau belum pernah terjadi ) . Bisa saja , kejadian rutin tetapi masyarakat tetap membutuhkan informasi penting,seperti informasi tentang calon calon presiden yang akan mengikuti pemilu.
  • Kontribusi wawasan dan pengetahuan ,artinya berita yang disusun memberi wawasan atau pengetahuan yang baru bagi para pembacanya,misalnya berita tentang penyiksaan tenaga kerja wanita atau (TKW) indonesia di negeri tetangga yang mengungkapkan sebab perlu dihindari oleh calon TKW yang akan berangkat.
  • Dapat dipertanggung jawabkan ,artinya berita yang tersaji harus benar benar dipertimbangkan dengan seksama sesuai dengan kepatutan. Oleh karena itu berita yang tersaji tidak boleh berisi hal hal yang bersifat destruktif,dan menimbulkan kekacauan yang merugikan negara dan bangsa. Berita pendapat tidak boleh berisi fitnah atau hal hal yang menyinggung persaan masyarakat terkait susila,agama,kepercayaan atau keyakinan seseorang atau sesuatu golongan yang dilindungi oleh undang undang.
  • Humanis , dimana berita disajikan dengan secara luas dan menarik untuk dibaca. Yang ditulis dengan bahasa populer atau bahasa sehari hari tetapi lugas atau tidak bergaya sastra. Berita tidak banyak menyerap bahasa asing,karena berita bukanlah tulisan ilmiah

Usahakanlah jumlah kata dalam satu kalimat maksimum 27-30 buah, agar berita renyah untuk dibaca tetapi sangat disarankan jumlah kata berkisar antara 15-17 buah.


Artikel Menarik : Menjadi Infopreneur Yang Produktif






 
Top