Bagikan Juga!!


A.Mengenal Feature

Prof.Drs.M.Atar Semi ( 1995 ) menyimpulkan bahwa feature adalah tulisan yang membicarakan tentang sesuatu yang ada kaitannya dengan sumber berita yang disajikan dengan gaya yang khas , sehingga mengandung nilai berita dan nilai estetik.

Ditilik dari kesimpulan tersebut , maka feature merupakan suatu informasi yang mengandung nilai berita yang disajikan dengan gaya bercerita yang menarik. Feature ditulis berdasarkan suatu kejadian nyata , tetapi penulis tidak terpaku pada rumusan 5w+1h.

Umumnya,feature ditulis dengan mengacu pada peristiwa yang sedang mengemuka ditengah tengah masyarakat,misalnya pertandingan bola, bencana alam , pemilihan umum , penemuan teknologi mutakhir , perceraian keluarga artis dan lain sebagainya . Tulisan yang dihasilkan memiliki kecenderungan sebagai hasil investigasi penulis , sehingga ia dapat mengupas lebih dalam tentang peristiwa yang terjadi, menggali faktor faktor penyebab dan dampaknya , serta memaparkan latar belakang peristiwa yang tidak pernah menjadi perhatian pembaca sebelumnya.

Penulis dapat menuturkan cerita tentang peristiwa yang ditulisnya dengan gaya bahasa sastra dan tata kalimat yang kreatif, sehingga karyanya dapat menghibur dan dinikmati oleh pembacanya.Tehnik penyajian feature jauh dari bahasa dan format akademis .

Panduan Mengarang Feature ( INFOPRENEUR )


B. Struktur Feature

Untuk menulis feature sebaiknya penulis memerhatikan struktur yang umum digunakan , yakni terdiri dari kepala , tubuh , dan penutup .Ketiga unsur pokok itu harus dipenuhi untuk menghasilkan sebuah tulisan feature yang baik dan menarik.

Kepala merupakan pengantar. Bagian ini dapat berupa ringkasan kejadian , cerita , deskripsi , kutipan, pertanyaan, tudingan, gabungan ucapan atau dialog, suasana atau kalimat penggoda.

Tubuh merupakan uraian yang dilakukan oleh penulis.Uraian dapat ditulis sesuai dengan urutan waktu,urutan ruang, urutan klimaks, dan urutan sebab-akibat, urutan deduktif , urutan induktif , urutan pemecahan masalah ,urutan keakraban, atau kedekatan peristiwa.

Kemampuan penulis dalam menyajikan uraian menjadi kekuatan dan keunikan dari setiap penulis feature. Kemampuannya untuk menyajikan rincian peristiwa dengan suatu model,urutan tersebut akan membuat pembaca bertahan hingga kalimat terakhir. Untuk dapat menyajikan uraian yang menarik , maka penulis harus memiliki informasi informasi penting terkait denga peristiwa tersebut. Oleh karena itu , penulis perlu melakukan investigasi , menurut dokumen dokumen yang terkait, menggali informasi dan pelaku utama dan korban.Disamping itu, daya analisis penulis juga dibutuhkan untuk mengaitkan peristiwa yang satu dengan peristiwa yang lainnya yang berkemungkinan saling terkait.

Di bagian akhir dari karangan feature, penulis dapat memberikan ringkasan atau kesimpulan yang terkait dengan bagian kepala.Penulis dapat juga memberikan kalimat kalimat akhiryang menyengat dan menggelitik , Selain itu, penulis dapat memberikan kalimat tanya untuk dijawab oleh pembaca sendiri.

C. Ciri Feature

Judul karangan feature mengungkap fenomena aktual yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat.Tulislah judul dengan kata kata yang renyah dan bergaya sastra, sehingga memikat pembacanya.

Feature mengandung unsur cerita . Dimana penulis mampu untuk memaparkan peristiwa , kejadian , sumber sumber berita dan lingkungan disekitarnya secara naratif dan deskriptif dengan gaya cerita yang menarik.

Feature berisi fakta fakta yang dilihat , didengar dan dirasakan oleh penulisnya . Kemudian, fakta fakta itu dikembangkan untuk memperoleh fakta fakta lain yang terkait.Fakta fakta itu dapat berupa fakta peristiwa , fakta pendapat maupun fakta yang diperoleh dari kegiatan investigasi dan reportase , sehingga tidak jarang penulis akan menyajikan informasi informasi sesuai dengan kronologinya.

Cerita dalam karangan feature disajikan dengan menggunakan alur datar , sehingga feature berbeda dengan novel yang sering menyajikan alur konflikatau flash back ke kejadian yang sebelumnya.



Artikel Menarik : Karakter Berita Yang Perlu Di Perhatikan Untuk Seorang INFOPRENEUR





 
Top