Bagikan Juga!!



http://olxia.blogspot.com/2014/09/pentingnya-information-literacy-untuk.html



Untuk menjadi seorang infopreneur yang handal sangatlah membutuhkan kemampuan informasi literacy, yang mana kemampuan mendayakan informasi sesuai dengan konteks dan situasi yang sedang berkembang  ( i-literacy ) . Artinya seorang tidak cukup hanya mampu menemukan informasi melalui beragam media ,tetapi haruslah mampu menggunakan informasi sesuai situasi atau kondisi dan keperluannya. Bahkan , mereka mampu mengolah informasi informasi yang diperolehnya menjadi pengetahuan yang baru .

Setiap orang yang menjadi infopreneur perlu dibimbing agar dapat memahami , memilih , memilah , dan menggunakan informasi  , misalkan " Sukses Tanpa Gelar " perlu dipahami bahwa sekolah bukan satu satunya penentu masa depan . Jadi masa depan lebih bertumpu pada sikap dan kemauan pada diri sendiri , sehingga mereka yang tidak memiliki biaya untuk sekolah jangan berputus asa . Namun , bukan berarti bahwa sekolah menjadi tidak penting .

Dari contoh diatas , seorang INFOPRENEUR dapat menempatkan dan mengolah informasi secara proporsional , sehingga informasi itu menjadi pengetahuan baru yang bernilai . Jadi topik " Sukses Tanpa Gelar " memberikan pengetahuan bahwa untuk sukses di masa depan seseorang tidak ditentukan oleh satu cara saja .

Kemampuan i-literacy perlu ditumbuhkembangkan dalam diri seorang infopreneur , agar ia tidak terjebak dalam sikap tidak proporsional atau lepas konteks dalam usahanya untuk mengolah dan memberi nilai baru terhadap informasi .



Artkel Menarik : Menjadi INFOpreneur Sejak Dini





 
Top