Bagikan Juga!!

Cara Menghindari Bisnis Penipuan ( SCAM )

Cara Menghindari Bisnis Penipuan ( SCAM )
SCAM


Jangan Biarkan pikiran, waktu dan uang anda terbuang percuma di bisnis online. Berikut cara mengetahui tanda tanda bisnis yang SCAM dan walaupun tidak SCAM ada juga bisnis yang hanya menguntungkan si pemilik website saja.

Teknik ini berfungsi bagi yang ingin memulai bisnis online dengan cara menjual produk atau jasa orang lain. Bagi anda yang ingin berbisnis dengan menjual produk dan jasa anda sendiri tentu keputusan ditangan anda , apakah anda akan membuat bisnis yang hanya menipu atau tidak. Berikut saya uraikan cara melihat bisnis yang hanya menipu.

Siapa Pemilik Website
Biasanya si pemilik website memberikan nama lengkap, alamat, dan fotonya. Jika semua jelas jangan mudah percaya, cari tahu tentang orang tersebut apakah dia telah berdedikasi dan terpercaya dalam model bisnis tersebut atau hanya mencoba coba saja. Perhatikan kata kata yang ada di website tersebut, jika ada kata-kata menipu seperti " Toko Online Terpercaya Sejak Tahun 2000 " padahal websitenya baru dibuat 2 bulan yang lalu. Silahkan anda periksa di whois.domaintools.com  , Anda bisa melihat siapa yang memiliki domain tersebut , sejak kapan dan sampai kapan onlinenya , juga alamat sipemilik website tersebut .

Tidak Ada Testimoni Dari Orang Lain
Walaupun ada testimoni di website tersebut , anda harus tetap memperhatikan apakah testimoni tersebut benar atau tidak . Lebih baik lagi jika testimoni diberikan oleh orang orang yang telah terkenal namanya tidak akan mau berbohong dan menjatuhkan namanya hanya untuk memberikan testimoni di produk yang tidak berbobot . Testimoni dari orang yang terkenal dan member biasa ,tetap saja harus anda perhatikan baik-baik jangan sampai anda terjebak hanya karena testimoni yang membakar emosi anda untuk segera bergabung .

Produk Atau Jasa Tidak Jelas
Ada juga produk dan jasa yang sulit kita pahami, atau jika anda punya pertanyaan dalam hati , " Sebenarnya apa yang dia tawarkan ? " . Itu berarti pemilik produk tidak serius untuk membuat sebuah produk  atau jasa , hati-hati dengan penawaran seperti ini ,jangan sampai anda terjebak dengan kata penjualan , karena memang kata-kata penjualan memaksa calon pembeli untuk membeli dengan emosi,bukan dengan logikanya .

Produk Atau Jasa Tidak Realistis Atau Tidak Masuk Akal
Jika anda ditawari sebuah produk yang kemampuannya luar biasa bahkan sangat luar biasa, maka berhati-hatilah dengan penawaran semacam itu. Contoh , " Hanya 200.000,00 per bulan " . tanpa kerja, income bisa mencapai 500.000.000,00 per bulan ". Dalam hati anda, wah, asyik nih dan anda langsung mengeluarkan biaya pendaftaran tanpa pikir panjang lagi.  Setelah sebulan kedepan ternyata anda mendapatkan nol rupiah bahkan lebih parahnya lagi jika anda harus terus mengeluarkan uang untuk membeli produk-produk pendukung lainnya. Bukannya anda akan mendapat keuntungan akan tetapi anda akan terus " membuat orang lain kaya" sedangkan anda hanya gigit jari . Jadi tipnya , anda harus pintar melihat logika dan tujuan uang anda sebagai modal, dan bagaimana perputarannya hingga bisa mendapatkan keuntungan .

Produk Atau Jasa Tidak banyak Yang Merekomendasikannya. 
Ini penting, semakin banyak yang merekomendasikannya atau menekankan untuk memilih produk A daripada produk B maka semakin baik. Anda bisa bertanya di forum-forum atau bertanya di search engine seperti gogle. Caranya memasukkan keyword pada Gogle.com . Contoh : " apakah produk A SCAM ? " atau kalau programnya dari luar negri ketik saja misalnya " product A SCAM or Not ? " . Semakin banyak yang menunjukkan bahwa produk tersebut SCAM , sebaiknya anda jangan ikutan mencobanya , karena anda pasti akan bernasib sama dengan yang telah tertipu sebelumnya.

Satu lagi catatan dari saya bahwa anda jangan terbawa emosi dengan penawaran yang ada dari sebuah produk , kecuali pemilik produk memang telah berdedikasi, telah terpercaya dan produk bisnis yang ditawarkan adalah bisnis yang ingin anda tekuni dengan serius . Jika tidak anda perlu hati-hati , karena setiap penjualan pasti ada kata penawaran atau sales letter.Sales letter yang baik adalah sales letter yang mampu membakar emosi calon pembeli sehingga memaksa calon pembeli secara sadar atau tidak sadar langsung membeli produk tersebut, anda akan mengeluarkan uang tanpa berpikir panjang. Saya berharap semoga setelah membaca artikel ini anda akan mengerti dan tidak akan pernah menjadi korban penipuan lagi.




Artikel Menarik : Teknik Menyusun Profil Lembaga





 
Top