Bagikan Juga!!



Pengertian Jenis Jenis faktor Dan Cara Pengobatan Tumor Dan Kanker Prostat

Pengertian Jenis Jenis faktor Dan Cara Pengobatan Tumor Dan Kanker Prostat
Tumor Dan Kanker Prostat

Pengertian Tumor


Banyak orang ingin tahu apa pengertian tumor sebenarnya. Sebab istilah ini kadang terlalu sulit dimengerti oleh kebanyakan orang awam. Oleh karena itu, dalam artikel ini, Anda akan temukan apa itu pengertian tumor.
Dalam bahasa medis, tumor adalah terbentuknya neoplasma yang disebabkan oleh pertumbuhan atau regenerasi sel tubuh yang tidak wajar. Namun, pengertian tumor semacam ini bisa jadi sangat sulit dimengerti oleh masyarakat umum.
Hanya orang-orang di kalangan medis saja yang mengerti arti tumor semacam ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mencari tahu apakah tumor itu sebenarnya, artikel ini akan mencoba menjelaskan dengan sesederhana mungkin.
Bayangkan begini. Pada tangan Anda tiba-tiba muncul sebuah benjolan yang aneh. Nah, benjolan  dalam organ tertentu dalam tubuh Anda itulah yang disebut dengan tumor.
Benjolan tersebut muncul karena tidak normalnya pertumbuhan sel dalam organ tersebut. Idealnya, sel baru berfungsi untuk menggantikan sel lama yang sudah waktunya "pensiun"�. Akan tetapi karena sel baru yang menggantikan sel lama tersebut muncul secara tidak seimbang, akibatnya memicu terjadinya penyakit tersebut.
Karena muncul benjolan, maka hal itu juga menganggu keseimbangan fungsi organ itu sendiri. Akibatnya, organ tak berfungsi sebagaimana seharusnya dan mempengaruhi kondisi tubuh secara umum.

Jenis Tumor

Tumor sendiri banyak jenis dan macamnya. Secara sederhana, tumor dibedakan dalam dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas (kanker). Tumor jinak ini relatif tidak berbahaya seperti tumor ganas.
Sebab tumor jenis ini kemampuan menyebarnya lambat dan tak mampu menginfeksi organ tubuh lain. Namun demikian, tumor jinak harus tetap diwaspadai. Sebab dalam banyak kasus, tumor jinak berkembang menjadi tumor ganas karena terlambat mengobatinya.
Sementara, jenis kedua adalah kanker ganas atau yang biasa disebut dengan nama kanker. Pengertian tumor ganas adalah tumor yang memiliki kemampuan menyebar sangat cepat dan mampu menginfeksi organ lainnya.
Oleh karena itu, tumor ini sangat berbahaya dan harus secepat mungkin diatasi. Sebab bila tidak, penderitanya akan cepat menuju pada kematian.

Penyebab Tumor dan Langkah Pengobatannya

Banyak faktor yang bisa membuat seseorang terkena tumor. Faktor keturunan adalah salah satunya. Orang tua yang pernah mengidap tumor tidak menutup kemungkinan anaknya juga akan mengidap penyakit yang sama. 
Selain itu, faktor penyebab tumor lainnya bisa dari gaya hidup seperti suka merokok dan minum alkohol, serta sistem kekebalan tubuh yang lemah.
Faktor-faktor tersebut bisa menyebabkan tumbuhnya tumor. Indikasi awal seseorang terserang tumor adalah seperti mengalami perubahan berat badan, nyeri, demam, mengalami batuk yang tak kunjung sembuh.
Namun, dalam beberapa kasus juga ada penderita tumor yang tak mengalami gejala-gejala di atas. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mendeteksi tumor adalah dengan memeriksakan kesehatan secara rutin.
Dan saat seseorang terdeteksi terkena tumor, harus segera dilakukan pengobatan. Obat herbal anti tumor yang banyak dikonsumsi penderita tumor adalah Sarang Semut. Obat alami ini sangat manjur untuk mengobati berbagai jenis penyakit tumor. Bagaimana dengan pengertian tumor yang sekarang? Kami harap Anda lebih mengerti.
Dapatkan informasi penting lainnya dengan mengunjungi halaman Obat Tumor dan Cara Sembuh dari Penyakit Tumor.

PENGERTIAN PROSTAT DAN KANKER PROSTAT


Prostat termasuk dalam anatomi tubuh manusia, karena prostat merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia semestinya kita harus bijak merawatnya. Tetapi, apakah Anda tahu yang dimaksud dengan prostat itu sendiri?
Di kalangan pria seharusnya mereka memiliki pemahaman yang benar tentang prostat itu sendiri, sehingga diharapkan nantinya dengan pemahaman yang mereka ketahui dapat melakukan tindakan yang tepat dalam menjaga sistem kerja prostat. Oleh karena itu, sangat diperlukan sekali ulasan yang tepat tentang prostat.

Pengertian Prostat

Anda harus waspada jika belakangan ini keinginan untuk buang air kecil/pipis tidak seperti biasanya,  meningkatnya intensitas atau sering buang air kecil terutama di malam hari, melemahnya pancaran air seni, dan susah buang air kecil. Bisa saja anda menyalahkan kantung kemih, tetapi kemungkinan masalah yang terjadi adalah pada prostat anda.

Prostat adalah sebuah kelenjar (aksesori) kelamin/seksual yang hanya terdapat pada pria, ukurannya hanya sebesar buah kenari yang membungkus bagian atas uretra, saluran pembuangan dari kandung kemih. Fungsi prostat memproduksi sperma/mani dan mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat. Letak Prostat berada dibagian bawah kantung kemih yang juga disisi kanan dan kiri ureta. Prostat biasanya berfungsi baik hingga kebanyakan orang tidak menyadari keberadaannya sampai usia  40 atau 50 tahun, walaupun ada pula yang mendapatkan masalah pada saat berusia 30 tahun.
Dengan bertambahnya usia, prostat menjadi lebih mudah terkena infeksi dan terkena penyakit lain termasuk tumor atau kanker. Pembengkakan pada prostat sering membuat tidak nyaman dan menganggu proses buang air kecil, sehingga prostat menjadi kelenjar yang menyiksa dan pembawa derita. Seumur hidup masalah prostat akan selalu dialami oleh para pria.

Beberapa masalah yang paling umum mengenai prostat.

BPH: 

Pada pria lanjut usia atau pria yang mendekati usia 45 tahun, mungkin sering dijumpai terjadi pembesaran pada prostatnya. Masalah prostat yang paling umum terjadi adalah pembesaran prostat mencapai seukuran buah jeruk, akibatnya aliran kemih yang melalui uretra tertekan sehingga air kencing menjadi tidak lancar atau bahkan tersumbat. Pada kondisi ini disebut Benign Prostatic Hyperplasia (BPH).
Pembesaran atau pembengkakan prostat, sebagian dokter berpendapat bahwa kecenderungan pembengkakan kelenjar ini mungkin saja berhubungan dengan hormon pria testosteron.
BPH dapat berkembang menjadi kanker prostat. Gejala yang dirasakan antara lain adalah meningkatnya intensitas/sering buang air kecil terutama di malam hari, melemahnya pancaran air seni, darah dalam air kemih, sulit buang air kecil, dan meskipun anda telah melakukan hajat kecil tetapi perasaan bahwa air seni di dalam kandung kemih belum benar-benar habis (anyang-anyang).


Prostatitis (Radang prostat): 

Bagaimana dengan  Anda yang baru berusia 35 tahun tetapi telah mengalami masalah ketidaknyamanan atau sering buang air kecil? Kemungkinan Anda mengalami infeksi pada prostat yang disebabkan oleh bakteri, penyakit ini disebut Bacterial Prostatitis.
Bacterial prostatitis menyerang pria semua umur, dan infeksi ini biasanya menyebar dalam kandung kemih atau uretra. Namun dalam banyak kasus, penyebab peradangan ini tidak terdeteksi bagaimana infeksi ini masuk ke saluran kemih. Ada dugaan bahwa pembendungan pada uretra atau seks anal tanpa memakai alat pengaman menjadi faktor meningkatnya risikonya. 
Gejala lain yang terjadi diantaranya demam, rasa tidak nyaman pada testis, dan nyeri perut atau punggung bagian bawah. Infeksi ini bisa menjadi kronis atau akut jika prostat terlalu membengkak sehingga penderita tidak dapat buang air kecil lagi.


Tumor atau kanker Prostat

Tumor atau kanker ganas juga dapat menyerang prostat. Umumnya, kanker prostat menyerang kalangan pria di atas 50 tahun dan merupakan pembunuh kedua di Amerika Serikat yang menyerang para pria. Kanker prostat jarang menyerang pria di bawah usia 45 tahun, kecuali ada faktor genetika di keluarga Anda yang pernah mengalaminya. Kanker prostat biasanya dapat disembuhkan jika terdeteksi sejak dini dan terdeteksi dalam pemeriksaan kesehatan yang rutin.
Ironisnya, kanker ini tumbuh diam-diam dalam kelenjar prostat bahkan sewaktu gejala-gejalanya tidak Anda rasakan. Ketika kanker telah menyebar sampai ke tulang dan ke organ tubuh yang lain, akan menimbulkan gejala neurologis, nyeri punggung, serta pembengkakan pada kaki.
Oleh karena itu bagi pria usia 50 tahun penting sekali menjalani uji rektal digital kemungkinan ditemukan benjolan atau pembesaran pada prostat, dan prostate-specific antigen blood test, untuk mendeteksi sejenis protein yang keluar dari prostat apabila ada kanker.


Pengertian Kelenjar Getah Bening


Anda tentu sering mendengar istilah getah bening. Ya, istilah ini sangat erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Apa sih sebenarnya kelenjar getah bening itu? Bagaiman kelenjar getah bening ini bisa terlibat dalam sistem kekebalan tubuh manusia?
Mari kita coba uraikan segala pengertian kelenjar getah bening tersebut.

Definisi
Kelenjar getah bening adalah sebuah jaringan berbentuk oval di dalam tubuh yang bertindak sebagai penghasil dan penyaring cairan yang disebut sebagai getah bening (limfosit). Getah bening ini berfungsi dalam pengeluaran sel-sel mati, dan yang paling utama adalah sebagai alat pertahanan terhadap infeksi.
Sebenarnya, kelenjar getah bening merupakan kumpulan sel-sel yang kecil. Akan tetapi, karena dibungkus oleh selubung kapsul, sel-sel tersebut membentuk bulatan-bulatan kecil. Bagian terbesar dari kelenjar getah bening biasa kita sebut sebagai limpa.
Kelenjar getah bening termasuk ke dalam sistem peredaran getah bening (lymphatic system) yang secara keseluruhan mengatur kinerja sistem kekebalan tubuh.

Penyebaran
Kelenjar getah bening tersebar di berbagai tempat di dalam tubuh manusia, seperti di ketiak, lipatan paha, leher, panggul, dan perut. Di area-area tersebut, beberapa kelenjar getah bening bisa teraba seperti kacang atau kacang kecil.

Pembengkakan
Pembengkakan atau pembesaran kelenjar getah bening di area mana saja bisa mengindikasikan adanya infeksi, kanker, atau penyakit lain yang berhubungan dengan sistem getah bening. Kebanyakan, pembengkakan kelenjar getah bening berhubungan dengan infeksi ringan yang sedang dihadapi oleh sistem kekebalan tubuh. Misalnya, demam atau infeksi pada gigi. Adapun area kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan biasanya adalah kelenjar getah bening yang paling dekat dengan area terjadinya infeksi. Misalnya, infeksi gigi bisa membuat kelenjar getah bening yang ada di sekitar leher membengkak.
Dengan sendirinya, atau dengan pengobatan tertentu, pembengkakan kelenjar getah bening seperti ini akan mengecil dan kembali ke ukuran normal. Akan tetapi, jika bulatan atau benjolan yang teraba pada tubuh tersebut diam dan keras untuk waktu yang relatif lama, ini biasanya berhubungan dengan kanker atau tumor.
Hal-hal yang Menyebabkan Pembengkakan
Ada beberapa hala-hal dan mekanisme yang bisa menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Di antaranya adalah sebagai berikut.
Infeksi
Mekanisme pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi adalah dengan cara peningkatan jumlah sel darah putih (limfosit) dengan cara multiplikasi sebagai respons atas adanya zat asing ke dalam tubuh (antigen).

Virus
Reaksi pertahanan terhadap infeksi yang umum diakibatkan oleh virus biasanya berupa demam yang menyertai pembengkakan kelenjar getah beningnya.

Peradangan
Mekanisme peradangan terjadi selama infeksi kelenjar getah bening oleh zat-zat asing. Peradangan merupakan suatu bentuk sel darah putih yang mati oleh zat asing.
Kanker
Mekanisme penyusupan sel-sel kanker pada kelenjar getah bening juga sering menyebabkan pembengkakan. Bahkan, kelenjar getah bening yang bengkak bisa menjadi keras dan bisa menyebar ke kelenjar getah bening di tempat-tempat yang lain.

Kanker darah
Kanker darah mungkin tidak terlihat seperti kanker biasa yang membuat kelenjar getah bening bengkak. Akan tetapi, pada kanker darah, produksi limfosit di kelenjar getah bening sangat banyak dan tidak terkontrol. Keadaan ini kita sebut sebagai limfoma atau leukemia.

Gejala Pembengkakan
Gejala pembengkakan kelenjar getah bening bergantung pada lokasi kelenjar getah bening itu sendiri.
Adanya infeksi saluran pernapasan atas (seperti hidung meler, sakit tenggorokan, dan demam), sakit leher, telinga, atau di bawah pipi.
Kadang-kadang terlihat infeksi pada kulit, kemerah-merahan, sakit dada.

Batuk parah
Pembesaran di semua kelenjar getah bening (misalnya, pada HIV dan lupus)
dan gejala-gejala lain





 
Top