Bagikan Juga!!

Tahap Perkenalan Keunggulan Kekuatan Dan Strategi Manajemen Pemasaran


Tahap Perkenalan Keunggulan Kekuatan Dan Strategi Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran
Tahap Perkenalan Manajemen Pemasaran(Market Introduction)
Biasanya diawali dengan penjualan yang rendah karena konsumen yang belum mengenal atau mengetahui tentang adanya produk.
kebijakan promosi sangat diperlukan untuk memberi informasi kepada konsumen terutama tentang kelebihan penggunaan produk perusahaan. Kadangkala memang proses untuk memberitahu konsumen membutuhkan waktu yang cukup lama.
itu sebabnya tahap introduksi merupakan tahap investasi capital dengan harapan memperoleh keuntungan di masa depan.


Hidup adalah anugrah, banyak hal dalam hidup ini yang harus kita lalui. Kadang kala semua itu buat kita lemah,jenuh bahkan putus asa. Ada baiknya kita hibur diri dan pikiran dengan alunan music sambil baca artikel ini. Jika sobat setuju klik play pada video berikut. Terima kasih...!!!




Tahap Pertumbuhan Manajemen Pemasaran (Market Growth)
 Penjualan industry menunjukkan perkembangan yang pesat . pada tahap ini keuntungan rata-rata industry menunjukkan titik puncak. Innovator memperoleh manfaat keuntungan dari banyaknya konsumen yang membeli produk  namun, hal ini menimbulkan pesaing untuk memasuki pasar karena melihat produk yang sukses dipasar bahkan meniru. Dapat juga membuat produk dengan cara yang lebih baik.

Tahap Kedewasaan  (Market Maturity)
Tahap ini penjualan sudah mengalami banyaknya pesaing antar perusahaan yang semakin tajam.
pesaing secara agresif memasuki pasar sehingga mewujudkan bentuk persaingan.
perusahaan yang tidak efisien akan sulit untuk beroperasi dalam tahap kedewasaan pasar masih dimungkinkan juga perusahaan baru untuk memasuki pasar yang berarti akan menambah tingkat persaingan yang ada.

Tahap Penurunan Penjualan  (Sales Decline)
Adalah merupakan produk lama digantikan oleh produk baru.dalam hal ini persaingan harga bukanlah cara yang ampuh untuk mempertahankan diri di pasar. Oleh karena itu,perusahaan memiliki kekuatan di merek dan loyalitas pelanggan yang mampu bertahan dalam tahap penurunan.

Keunggulan  Dan Kekuatan Manajemen Pemasaran

Dilihat dari marketing mix coca-cola mempunyai keunggulan produk:

A. Product


  • Variasi : produk yang dihasilkan memiliki variasi rasa maupun kemasan. Coca-cola berinovasi menciptakan produk-produk baru yang menjadikan produk minuman cepat saji coca-cola mempunyai pilihan rasa yang beragam. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen secara lebih spesifik. Dengan memahami kebutuhan konsumen dan perilaku konsumen,serta potensi kekayaan alam Indonesia.
  • Kualitas : kualitas produk yang ditawarkan terjamin kesehatannya karena diproduksi langsung dengan mesin.dan untuk menjaga agar mutu minuman yang dihasilkan sesuai dengan standar,coca-cola menerapkan dengan ketat proses produksi yang diakui secara internasional.
  • Desain : coca-cola mengembangkan desain kemasan minuman serta meningkatkan kualitasnya.mulai dari kemasan botol,kemasan tetre wedge (yang mudah dan praktis untuk dibawa), kemasan kaleng (yang ramping dan unik) hingga kemasan botol yang ringan 30% dengan desain mungil,imut,tapi kuat. Inovasi kemasan produk akan terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru.
  • Servis : layanan konsumen dicoca-cola,customer service system (css),system pelayanan pelanggan,didesain untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen secara terus menerus terhadap produk coca-cola yang menyediakan layanan optimal kepada seluruh pelanggan berdasarkan kebutuhan masing-masing. Area marketing contracktor terbatasnya sumber daya dan kemampuan untuk melakukan pengembangan daerah tertentu.

layanan produk pendingin riset membuktikan 90% konsumen lebih menyukai produk dalam kemasan dingin,hal ini menunjukkan bahwa cold drink equipment (peralatan pendingin) sangat diperlukan dalam peningkatan pertumbuhan penjualan dan mendorong tingkat keuntungan para pelanggan.

B.PRICE

Pada awal penjualannya coca cola memberikan harga 5 sen kepada konsumen untuk mempromosikan produknya dengan membagi ribuan kupon yang dapat ditukarkan untuk mencicipi satu minuman Cuma-Cuma. Dan saat ini pun harga yang ditawarkan untuk produk minuman coca-cola sangat terjangkau oleh berbagai kalangan.

C.PROMOTION

Dr.pemberton menjual ciptaannya dengan harga 5 sen per gelas di apotiknya dan mempromosikkan produk nya dengan membagi ribuan kupon yang dapat ditukarkan untuk dapat mencicipi satu minuman Cuma-Cuma. Pada tahun 1892 ia menghabiskan US$ 46 untuk biaya periklanan.kemudian pemilik coca-cola yang baru yaitu asa.g chandler piawai dalam menciptakan perhatian konsumen dengan cara membuat berbagai macam benda-benda cendramata berlogo coca-cola dan mendorong penjualan.benda-benda tersebut kemudian dibagi-bagi ke lokasi penting penjualan yang berkesinambungan.
gaya periklanan yang inovatif,seperti desain warnap-warni untuk bus,lampu gantung hias dari kaca,serta serangkaian cinderamata seperti kipas,tanggalan dan jam dipakai untuk memasyarakatan nama coca-cola dan mendorong penjualan.

D.PLACE

Pemasaran yang dilakukan pada pasar sasaran  bagi sebuah produk yang memang dirancang khusus untuk pelangan dari pasar itu.

FIVE FORCE OF COMPETITION
-Industry competitor     : keadaan distribusi dan pangsa pasar. Banyak bermunculan pesaing-                                                        pesaing baru didunia softdrink.
-potential entitas           : brand image,loyalitas konsumen terhadap brand image.
-subtitues                      : penjualan produk semakin bertambah.
-buyers                          : pembeli dari berbagai kalangan.
-suppliers                      : bahan utama dapat digantikan oleh bahan pengganti.                      

ANALISIS SWOT
STRENGTH
Mempunyai sejarah yang kuat dalam segmen softdrink dan juga kualitas yang sudah dikenal masyarakat. System informasi yang baik,strategi pemasaran yang baik,inovasi yang terus menerus,kemasan yang menarik,memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

WEAKNESS
Tidak baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi secara terus menerus.
Biaya produksi tinggi,ketersediaan bahan baku,anacaman terhadap pesaing yang semakin banyak,kebijakan pemerintah,coca-cola tidak menghasilkan produk yang organic

OPPORTUNITY
Pas untuk segala kegiatan-kegiatan masyarakat. Baik dalam olahraga maupun untuk bersantai dengan keluarga dan teman.
Konsumsi orang berbanding terbalik dengan usia seseorang,teknologi membuat dunia semakin sempit,minuman ringan dapat diperoleh dimana saja. Bahan pendukung utama dapat digantikan oleh produk lain.

THREAT
Banyak bermunculan pesaing-pesaing baru didunia softdrink.

SEGMENTING DARI COCA-COLA COMPANY DI PASAR GLOBAL

Segmentasi pasar adalah proses pemilihan atau pembagian pasar kedalam beberapa kelompok pelangan (sub-market) yang memiliki karakteristik sama dalam kebutuhan dan sikap,dan diharapkan akan memberikan respon yang sama terhadap penawaran yang disampaikan. Dengan melakukan segmentasi pasar  produsen akan lebih tepat dalam mengarahkan program pemasarannya secara lebih efektif.
pemikiran mengenai segmentasi pasar dapat dikatakan sebagai jawaban terhadap terhadap model pemasaran yang berlangsung sebelumnya yang tidak lagi mampu menjawab dinamika perkembangan kebutuhan tuntutan pelanggan yang semakin beragam. Pada dasarnya pemikiran mengenai segmentasi pasar merupakan sebuah evolusi dari model pemasaran yang pernah berlaku. Pada perkembangannya coca-cola membuat diferensiasi produk dengan kemasan dan ukuran yang berbeda untuk pelanggan yang sama.
Pemasaran yang dirancang khusus untuk masing-masing segmen yang dibidik,coca-cola memproduksi fanta kuning bagi konsumen indnesia yang menyukai jeruk. Produsen dapat mengembangkan produk yang tepat, mampu menyesuaikan harga,saluran distribusi dan promosi bagi masing-masing pasar dengan lebih efisien.
itu sebabnya  makna yang terkandung dalam pesan iklan yang mendorong anak muda untuk tetap bersikap optimis serta positif thinking dan menyadari bahwa kebahagian merupakan pilihan dalam menjalani hidup.seiring dengan berkembangnya waktu coca-cola ingin menjangkau pasar hingga keplosok Indonesia.

STRATEGI PEMASARAN COCA-COLA TERHADAP SITUASI PASAR LOKAL

 Strategi pemasaran coca-cola di pasar local biasanya dengan menggunakan media  dan juga memberikan pelayanan prima terhadap konsumennya. Produk softdrink,kecenderungan subtitusi dengan produk sejenisnya lebih besar. Maka segala inovasi-inovasi banyak dilakukan mulai dari memunculkan variasi rasa dari coca-cola hingga kemsan yang unik dan kreatif.
Kita tau bahwa teknologi informasi sangat berkembang pesat,orang-orang memanfaatkan informasi untuk mengakses berbagai hal secara online. Melalui teknologi konsumen dapat nyampaikan keluhan-keluhannya langsung kepada perusahaan. Oleh karena itu dapat tercapai kepuasan konsumen.
Promosi : layanan konsumen dicoca-cola,customer service system (css),system pelayanan pelanggan,didesain untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen secara terus menerus terhadap produk coca-cola yang menyediakan layanan optimal kepada seluruh pelanggan berdasarkan kebutuhan masing-masing. Area marketing contracktor terbatasnya sumber daya dan kemampuan untuk melakukan pengembangan daerah tertentu.
layanan produk pendingin riset membuktikan 90% konsumen lebih menyukai produk dalam kemasan dingin,hal ini menunjukkan bahwa cold drink equipment (peralatan pendingin) sangat diperlukan dalam peningkatan pertumbuhan penjualan dan mendorong tingkat keuntungan para pelanggan.
COCA-COLA 10 TAHUN KEDEPAN
Dengan inovasi �inovasi yang dilakukan oleh perusahaan coca-cola selama ini, saya yakin perusahaan ini akan bertahan sampai 10 tahun kedepan bahkan lebih. Dengan visinya menjadikan perusahaan minuman no 1 didunia.
Dalam visi diatas dapat disimpulkan bahwa visi tersebut termasuk dalam visi strategi perusahaan.dan dengan brand image yang baik perusahaan the coca cola company dapat mempertahankan eksistensinya 10 tahun kedepan.

KESIMPULAN
Program coca cola  yaitu melestarikan lingkungan,brand image yang baik dapat  mempengaruhi tingkat penjualan dan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk coca-cola. Loyalitas konsumen merupakan sasaran pemasaran yang sangat tepat.
Inovasi-inovasi yang unik dan kreatif dapat menunjang eksistensi agar berkesinambungan produk ditengah persaingan ketat di dunia global saat ini.

             
Mau Dapat Uang Saat Internetan, Tanpa Modal Dan Bukan Tipu-Tipu : Klik Disini


 
Top