Bagikan Juga!!

Gambaran umum Fak Fak

Kota Fak Fak merupakan ibukota Kabupaten Fak-Fak, Provinsi Papua Barat sekaligus merupakan salah satu kota tertua di Papua. Kabupaten Fak Fak sendiri dikenal dengan sebutan Kota Pala karena wilayah ini terkenal sebagai penghasil buah pala. Masyarakat Kabupaten Fak-Fak memiliki semboyan Satu Tungku Tiga Batu yang mencerminkan bahwa masyarakat kabupaten ini sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan. Ada banyak tempat menarik yang ditawarkan tempat ini. Anda dapat menikmati pemandangan alam yang pastinya akan meninggalkan kesan pada pengalaman Anda.

Fak Fak Sejarah

Pada tahun 1898 di masa pemerintahan Belanda, tanah Papua terbagi menjadi dua afdeeling atau karesidenan : Adeeling Noord Nieuw Guinea yang berada di Manokwari dan Afdeeling West en Zuid Nieuw Guinea yang berada di Fak Fak. Kemudian tahun 1952 berubah menjadi empat afdeeling dimana Fak Fak masuk ke dalam afdeeling West Nieuw Guinea. Perubahan terakhir terjadi tahun 1961 yang menjadi enam afdeeling dimana terdapat Afdeeling Fak Fak yang membawahi tiga onderafdeeling : Fak Fak, Kaimana dan Mimika. Hingga dikeluarkan undang-undang tahun 1969 yang mengatur tentang otonomi di Papua Barat, maka terbentuklah Kabupaten Fak Fak.
things to see

Yang dapat ditemui

Terdapat Masjid Tua di Kampung Patimburak yang berdiri sejak 200 tahun lalu dan merupakan masjid tertua di Kabupaten Fak-Fak. Di masjid yang dibangun pada tahun 1870 ini Anda dapat melihat keunikan arsitekturnya yang berupa perpaduan antara bentuk masjid dan gereja. Sementara jika Anda berkunjung ke Andamata yang terletak di Distrik Kokas, Kabupaten Fak-Fak, Anda akan melihat lukisan tebing yang digambar pada bebatuan terjal dan merupakan situs kuno peninggalan jaman prasejarah yang disebut Situs Purbakala Tapurarang.

things to do

Yang dapat dilakukan

Anda yang mempunyai hobi memancing dapat berkunjung ke Air Kitikiti. Anda juga dapat menyelam ataupun snorkeling di tempat ini. Sementara di Pantai Patawana yang terletak kurang lebih 30 km dari kota Fak-Fak, Anda dapat menjajal ombak yang khas dan menantang untuk surfing. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai ini adalah antara bulan Agustus-Desember.

things to eat

Makanan yang harus dicoba

Salah satu makanan khas dari Kabupaten Fak-Fak adalah manisan pala. Selain nikmat, manisan pala ini juga sangat baik untuk tubuh. Selain itu ada juga martabak sagu, salah satu makanan khas yang terbuat dari sagu yang dihaluskan lalu digoreng dan diberi gula merah.

Obyek wisata dekat Fak Fak

 
Top