Bagikan Juga!!

Warga Kelurahan Wagom, Distrik Pariwari, Abas – Jubi/Niko
Fakfak, Jubi – Pemerintah Kabupaten Fakfak, Papua Barat, didesak agar membangun Puskesmas di Kelurahan Wagom, Distrik Pariwari.
Pasalnya bahwa di kelurahan tersebut belum ada Puskesmas, sementara jumlah penduduk makin melejit.
Usulan tersebut sudah dimasukkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten yang diselenggarakan di Wintder Tuare beberapa waktu lalu.
“Di Wagom, Puskesmas harus ada, agar pasien tidak perlu jauh-jauh ke Puskesmas kota atau Puskesmas di Sekban,” warga Wagom, Abas ketika ditemui Jubi di Sorong, Minggu (17/4/2016).
Ia melanjutkan, selain jumlah penduduk yang cukup padat di Kelurahan Wagom, ada aturan bahwa pasien diminta untuk periksa di Puskesmas terlebih dahulu sebelum dirujuk ke RSUD.
“Hal ini juga menjadi alasan. Selama ini warga Wagom harus pergi ke Puskesmas Puncak yang jaraknya cukup jauh dan harus antre cukup lama. Sedangkan Puskesmas di Sekban, peralatannya belum mencukupi,” katanya.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, Wamaer Frits mengatakan pembangunan Puskesmas diusulkan sejak lama, tapi pihaknya kesulitan mendapatkan lahan, sebab rumah warga sangat banyak.
“Lahan sulit didapat. Selain perlu lahan luas untuk bangunan Puskesmasnya, tentu perlu lahan untuk parkir kendaraan dan kami sebenarnya mengincar bekas Kantor Dinas Pertambangan, tetapi kantor tersebut dipakai untuk Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” katanya. (Niko MB)
 
Top