Bagikan Juga!!

Selama ini pala dikenal sebagai salah satu jenis rempah yang dimanfaatkan untuk menambah rasa dan aroma pada hidangan. Namun, ternyata pala juga memiliki serangkaian manfaat untuk kecantikan wanita, terutama kulit dan rambut. Pala merupakan salah satu bahan yang sangat ampuh untuk merawat kulit.
Pala memiliki manfaat dan fungsi antiseptik, antibakteri, anti peradangan dan luka, analgesik, dan antioksidan. Pala pun memiliki banyak manfaat sehubungan dengan kecantikan Anda. Berikut manfaat pala sebagaimana ditulis Kompas:
1. Mencerahkan kulit
Karena memiliki beragam manfaat, minyak pala seringkali ditemukan dalam kandungan produk pembersih wajah atau pelembap. Anda juga bisa menggunakan minyak pala kemudian melakukan pijatan pada wajah. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan produk yang Anda gunakan saat ini untuk memperoleh kulit yang cerah dan sehat.
2. Mengatasi jerawat
Kandungan antimikroba dan anti peradangan di dalam pala menjadikannya sebagai bahan aktif guna mengatasi jerawat dan menyamarkan noda bekas jerawat. Caranya, campurkan pala, susu, dan madu menjadi satu. Kemudian, aplikasikan ke wajah dan lakukan pemijatan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat.
3. Mengurangi keriput
Pala juga mengandung bahan aktif anti penuaan. Minyak pala dapat dimanfaatkan untuk membantu mencegah munculnya garis-garis halus dan keriput pada kulit. Campurkan satu sendok teh madu, satu sendok makan yoghurt tawar, satu sendok teh sari lemon, sejumput kayu manis bubuk, dan sejumput pala bubuk. Kemudian, aplikasikan pada kulut layaknya masker.
4. Menguatkan dan menyehatkan rambut
Minyak pala juga ternyata kerap digunakan sebagai formula dalam berbagai produk perawatan rambut. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan sampo atau kondisioner yang Anda gunakan saat ini untuk memperoleh rambut berkilau, kuat, dan sehat.
5. Menebalkan rambut
Minyak pala pun tidak hanya bermanfaat untuk memperoleh hasil rambut yang kuat dan sehat, namun juga mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan volume rambut. Yang harus Anda lakukan adalah aplikasikan beberapa tetes minyak pala dan lakukan pemijatan pada rambut.
 
Top